23 April 2024

Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G resmi rilis di Indonesia tepatnya tanggal 16 Maret 2023 lalu. Samsung seri terbaru ini handal di kameranya. Dimana para pengguna bisa memotret foto selfie secara detail dengan resolusi tinggi.

Selain Itu Galaxy A54 5G juga didukung dengan spesifikasi handal di dalamnya. Tak heran jika ponsel keluaran terbarunya ini laris di pasar global. Harga dari ponsel pintar dari Samsung ini juga masuk kelas menengah. Artinya harga tidak begitu murah atau mahal.

Kelebihan Samsung Galaxy A54 5G

Samsung Galaxy A54 5G mengusung banyak kelebihan bagi penggunanya. Kelebihan dan keunggulan inilah membuat pengguna mudah dalam berkomunikasi. Setiap keluaran ponsel dari Samsung tentu mendukung spesifikasi handal.

Spesifikasi handalnya memberikan kelebihan tersendiri untuk performa HP. Ya, ponsel yang menjadi penerus dari Samsung Galaxy A53 5G ini juga lebih unggul dan keren dari luncuran sebelumnya.

1. Menggunakan Exynos 1380

Kelebihan pertama dari Galaxy A54 5G adalah mengusung chipset andalan yang memiliki performa tinggi. Chipset tersebut bernama Exynos 1380. Chipset ini juga sebagai penerus digunakan pada Samsung Galaxy A53.

SoC Exynos 1280 sendiri besutan dari Samsung yang mendukung resolusi 108 MP. Namun angka tersebut meningkat menjadi 200 MP pada Exynos 1380. Menariknya lagi terdapat dukungan penuh dari refresh rate di layar menjadi 144Hz yang sebelumnya hanya 120 Hz.

Pada SoC Android lainnya pengguna bisa menemukan konfigurasi prosesor delapan inti pada formasi 4+4. Klaster utama sebagai empat inti high performance ARM Cortex A78 memiliki kekuatan 2? 4 GHz. Untuk klaster kedua memberikan 4 unit high efficiency ARM Cortex A55 dengan frekuensi 2.0 GHz.

Jadi konfigurasi prosesor itu tidak jauh berbeda dengan Exynos 1280. Hanya saja yang membuatnya berbeda adalah jenis formasi. Dimana sekarang 4+4 alih-alih 2+6. Sebab memiliki jumlah inti performa tinggi banyak.

Alasan ini tampaknya menjadi alasan utama meningkatnya performa Exynos 1380. Sementara chipset Exynos 1380 ini menggunakan Mali G68 MP5 yang berjalan pada frekuensi lebih rendah yakni 950 MHz. Terdapat dukungan tambahan dari chipset inj yakni adanya LPDDR5 yang mempunyai frekuensi 3200 MHz dan penyimpanan internal UFS 3.1.

2. Fitur Kamera Lengkap

Dari segi fitur kamera keluaran HP terbaru Samsung yakni Galaxy A54 5G hadir dengan fitur nightography dan bisa FHD 60fps serta 4k. HP ini mengandalkan sensor yang utama sebesar 50 MP wide angle, bukaan f/1.8, 12 MP ultra wide FOV 123 50 MP.

Walaupun seperti itu, resolusi bukan satu-satunya penentu untuk kualitas hasil foto. Sensor utama Galaxy A54 5G menggunakan Sony IMX 766 didukung fitur OIS ditingkatkan.

Adanya OIS memberikan pengalaman fotografi agar terhindar dari kendala blur. Terutama pada saat pengguna ketika proses shutter yang membutuhkan waktu lama. Galaxy A54 5G futur nightography dimana fitur ini memberikan hasil foto malam berkualitas.

Sementara kemampuan selfie HP ini handak karena hadir dengan dukungan kamera 42 MP aperture f/2.2, focal length 26mm, dan sensor berukuran 1/2.8 inch.  Jadi kesimpulannya hal menarik dari fitur ini kemampuan video recording mendukung hingga resolusi 5K di 30 FPS.

Fitur itu hanya berlaku di kamera utama, kamera depan, dan ultrawide. Hal ini membuat seri Galaxy A54 5G level di atas smartphone kelas menengah lain. Kamera depan, ultrawide dan utamanya sudah mendukung rekaman video 2089 p 60 fps.

3. Desain Body Elegan

Setiap keluarannya Samsung mengusung body desain yang elegan, keren, dan minimalis. Body tersebut juga dihadirkan pada Galaxy A54 5G. Bagian belakang ponsel ini disematkan 3 kamera yang berjajar secara vertikal dengan bulatan kecil di sebelahnya sebagai LED Flash.

Kamera pada Galaxy A54 5G ini langsung dipasangkan ke body ponsel dimana memberikan vibe minimalis tapi elegan dan memberikan kesan seamless yang jarang ada pada smartphone lain.

Kelebihan dari Samsung Galaxy A54 5G bisa pengguna rasakan sendiri setelah membelinya. Kelebihan dan keunggulan tersebut tidak bisa pengguna dapat dari ponsel lainnya.