25 April 2024

HP Oppo A1x

Sebagai salah satu perusahaan smartphone raksasa, Oppo selalu menghadirkan perangkat terbaiknya. Belum lama ini, Oppo telah memperkenalkan smartphone terbarunya bertajuk HP Oppo A1x. Kabarnya, Oppo A1x akan rilis pada 31 Maret 2023 mendatang.

Bekalan Spesifikasi HP Oppo A1x

Oppo A1x memiliki ukuran dimensi 163.8 mm x 75.1 mm x 8 mm atau setara dengan 6.45 in x 2.96 in x 0.31 in. Ukuran dimensinya ini memberikan kenyamanan maksimal saat dalam genggaman.

Sementara itu, Oppo A1x memiliki bobot yang cukup ringan mencapai 186 gram atau setara dengan 6.56 oz. Hadir dengan bekalan Dual SIM (Nano SIM, dual stand by) IP54.

Tak hanya dari segi tampilan bodinya saja, Oppo A1x juga memperlihatkan bekalan spesifikasi lainnya.

Layar

Soal tampilan visual HP Oppo A1x, sudah tidak perlu lagi kita ragukan. Pasalnya, smartphone ini mendapatkan dukungan layar dengan tipe IPS LCD dan refresh rate 90 Hz, 480 nits (typ), 60 nits (HBM).

Kemudian, smartphone ini memperlihatkan layar dengan ukuran yang besar dan lapang yakni mencapai 6.56 inci, 103.4 cm2. Layarnya yang lega semakin terbukti dengan rasio layar ke body ~84.0 persen.

Oppo A1x memiliki resolusi layar 720 x 1612 pixel, 20:9 ratio dengan density ~269 ppi. Pihak perusahaan tidak lupa memberikan lapisan pelindung layar berupa Panda glass.

Dengan lapisan pelindungnya inilah, layar Oppo A1x lebih aman dari berbagai macam benturan benda keras. Sehingga, mencegahnya dari goresan, baret, dan masalah pada layar lainnya.

Dapur Pacu

Sejauh ini, melihat dari bekalan spesifikasi yang diperlihatkan, sepertinya HP Oppo A1x akan menghiasi segmen pasar kelas bawah menengah. Itu artinya, smartphone ini bisa kita miliki dengan harga yang ekonomis.

Sebelum itu, dukungan dapur pacunya bisa kita jadikan pertimbangan. Oppo A1x menggunakan Operating System atau OS Android 12, Color OS 12.1.

Sedangkan sumber tenaganya berasal dari chipset Mediatek MT6833 Dimensity 700 (7nm). Chipsetnya ini akan bersanding dengan CPU yang mampu menghasilkan kecepatan Octa core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55).

Untuk kemampuan grafisnya sendiri, Oppo mempercayakannya kepada GPU Mali G57 MC2. Melihat dari dapur pacu yang dimilikinya, Oppo A1x akan memberikan dukungan yang cukup maksimal untuk berbagai macam kegiatan.

Mulai dari bermain game, streaming, berselancar di internet,hingga sekedar chatting. Menariknya lagi, smartphone ini menawarkan dua pilihan ruang penyimpanan, 128GB 6GB RAM dan 128GB 8GB RAM.

Opsi ruang penyimpanannya ini terbilang memadai untuk menyimpan berbagai macam file penting, aplikasi, foto, video, dan dokumen lainnya.

Kamera

Tidak banyak yang bisa kita dapatkan dari kamera HP Oppo A1x. Smartphone ini memberikan dual kamera yang terpampang nyata pada bagian belakangnya.

Masing-masing kamera memiliki resolusi 13MP dan 2MP. Kemampuan kameranya ini mendapatkan dukungan beberapa fitur seperti panorama, HDR, dan LED flash.

Sedangkan pada bagian depannya, terpampang satu kamera selfie dengan resolusi 8MP. Bekalan kameranya ini lebih dari cukup untuk menghasilkan jepretan maupun video yang berkualitas di kelasnya.

Baterai

HP Oppo A1x mendukung penggunaan smartphone yang tahan lama. Pasalnya, smartphone ini memiliki baterai besar 5000 mAh.

Tipe baterai yang digunakannya yakni Li Po non removable. Untuk memberikan penggunaan smartphone yang lebih efektif dan efisien, Oppo telah membenamkan teknologi pengisian daya cepat 10W.

Tak hanya unggul dari segi baterainya saja, Oppo A1x juga mendapatkan dukungan dari sejumlah fitur sensor yang canggih. Sebut saja fingerprint, proximity, compass, hingga accelerometer.

Oppo A1x hadir dengan dua pilihan warna, yakni biru dan hitam. Soal pilihan warnanya, bisa disesuaikan dengan karakter dan kepribadian pengguna.

Sayangnya, smartphone ini tidak mendapatkan dukungan NFC dan radio. Untuk menutupi kekurangannya ini, Oppo telah melengkapinya dengan WLAN Wi Fi 802. 11 a/c/g/n/ac, dual band, Bluetooth 5.3, A2DP, LE, aptX, GPS, GALILEO, GLONASS, BDS, QZSS, dan USB Type-C 2.0, OTG .

Untuk saat ini, informasi terkait penjualan dan harga HP Oppo A1x masih belum menemui titik terang. Akan tetapi, Oppo A1x menjadi salah satu smartphone yang patut kita nantikan kehadirannya.