25 Juni 2024

Servis Mobil

Apa benar mobil punya ‘nyawa’? Terkadang pemilik mobil hanya memikirkan pemenuhan bensin, agar dapat mengantar ke semua tempat yang diinginkan. Tanpa memberikan servis mobil tepat waktu, padahal mobil ‘bernyawa’ yang juga membutuhkan perawatan.

Mobil dipakai terus tanpa mendapat perawatan sudah pasti bodi berdebu dan kotor. Interior pengap, karena sirkulasi AC mobil buruk dan kotor. Suara mesin terdengar kasar, karena kurang servis. Bahkan, kecelakaan lalu lintas banyak disebabkan akibat kondisi rem dan ban.

Kenapa Harus Servis Mobil Tepat Waktu?

Sudah seharusnya pemilik mobil siap dengan dana yang dibutuhkan saat memutuskan membeli mobil. Apalagi sudah diketahui bahwa perawatan si roda empat ini mahal. Padahal dengan rutin melakukan servis mobil, Anda bisa mendapatkan keuntungan.

Diantaranya yaitu kondisi mobil optimal, berkendara menjadi semakin aman dan nyaman, serta terhindar dari kerusakan mobil yang menjalar. Komponen mesin mobil yang rusak apabila dibiarkan dan terus dipaksa berkendara dapat menyebabkan kerusakan parah.

Sehingga melakukan servis mobil tepat waktu dapat menghindari kerusakan yang menjalar pada komponen lainnya. Servis mobil berkala, sebenarnya membantu Anda menghemat pengeluaran. Komponen yang harus diganti atau diperbaiki pasti lebih sedikit.

Memberikan perhatian kepada kendaraan roda empat yang selalu siap mengantar kemana saja pasti menguntungkan. Pilih bengkel terdekat untuk servis mobil berkala. Perhatikan waktu yang tepat untuk pengecekan komponen pada mobil.

Servis Mobil Tepat Waktu Ini Caranya

  • Jarak Tempuh Mobil 1.000 Kilometer Pertama

Para ahli di bengkel akan melakukan pengecekan pada komponen mobil yang telah menempuh 1.000 kilometer pertamanya. Mulai dari sistem kemudi, filter udara, oli, dan pengecekan mendalam lainnya. Guna melihat performa dari mobil baru.

Apabila ditemukan ketidaksesuaian dalam standar maupun kerusakan pada komponen tertentu, segera lakukan servis berkala di bengkel mobil terdekat untuk mengurangi risiko kerusakan yang lebih parah, dan membuat mobil lebih nyaman digunakan.

  • Servis Mobil Pada Jarak Tempuh 5.000, 10.000. 15.000, dan 20.000 Kilometer

Saat jarak tempuh mobil Anda menunjukkan angka tersebut, maka itulah waktunya untuk servis mobil tepat waktu. Oli mesin, filter oli, kampas rem, dan sistem steering perlu diganti saat jarak tempuh mobil sudah mencapai 5.000 kilometer.

Sekitar 6 bulan, mobil akan memiliki jarak ditempuh mencapai 10.000 kilometer. Pihak bengkel akan mengganti oli mesin dan oli transmisi, serta pengecekan dan pembersihan rem. Selain itu, rotasi ban menyilang, balancing, dan spooring.

Sementara pengecekan seputar baut kolong mobil, fluida, radiator, suspense, dan juga ganti oli dilakukan pada mobil dengan jarak tempuh 15.000 kilometer. Pengecekan komponen mobil secara mendalam setelah jarak tempuh mencapai 20.000 kilometer.

Biasanya Anda akan disarankan untuk melakukan tune up setahun sekali guna menjaga performa mobil yang telah menempuh jarak 20.000 kilometer. Ingatlah bahwa kendaraan memiliki ‘nyawa’, perhatikan servis mobil tepat waktu.