19 April 2024

Tentang Apartement

Meski sudah tidak asing lagi bagi masyarakat,  tidak semua orang mengetahui arti dari apartemen.  Pada umumnya orang hanya mengenal apartemen sebagai bangunan bertingkat yang diperuntukkan untuk tempat tinggal.  Namun benarkah makna dan fungsi  apartemen hanya tercakup dalam hal ini?

Berbicara tentang apartemen tentu tidak ada habisnya, banyak hal yang bisa kita bahas saat membicarakan hunian vertikal, mulai dari fitur, fungsi dan tips yang bisa diambil sebelum membeli.  Informasi ini saya dapatkan di masjuanda.com yang tentunya sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang baru pertama kali ingin membeli  apartemen.

Jika kita melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian apartemen adalah tempat tinggal yang meliputi ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dll. terletak di satu lantai gedung.

Selain itu, KBBI juga menambahkan bahwa apartemen seringkali dibangun sebagai gedung bertingkat yang besar, mewah dan  dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kolam renang, pusat kebugaran dan masih banyak utilitas lainnya. Definisi KBBI apartemen adalah yang sering digunakan orang untuk menjelaskan sebuah apartemen.

Karakteristik apartement

Berdasarkan definisi rumah susun yang telah diuraikan, sebenarnya kita dapat menyimpulkan beberapa ciri dari apartemen vertikal tersebut.

  • Apartemen biasanya dibangun di atas dua lantai dan secara bertahap naik.
  • Setiap lantai apartemen terdiri dari beberapa unit hunian;
  • Kondominium dianggap lebih fleksibel dan maksimal dalam penggunaan lahan karena tidak dibangun secara horizontal tetapi vertikal;
  • Utilitas tersedia di kompleks apartemen, dan terutama untuk penghuni apartemen;
  • Apartemen umumnya dibangun di lokasi yang strategis, dekat dengan fasilitas umum dan infrastruktur;
  • Penghuni apartemen lebih eksklusif karena tidak semua orang bisa masuk ke dalam gedung; dan
  • Struktur dan material konstruksi dirancang agar tahan lama, tahan terhadap kondisi cuaca ekstrim dan segala sesuatu yang dapat mempengaruhi daya tahan bangunan

Fungsi utama apartement

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama apartemen adalah untuk ditinggali.  Oleh karena itu, sebuah gedung apartemen harus memenuhi aktivitas sehari-hari  penghuninya.  Beberapa aktivitas yang diperlukan apartemen adalah tidur, makan, menerima tamu, berkomunikasi, bekerja dan aktivitas lainnya.

Fungsi pendukung apartment

Selain fungsi utama, ada juga fungsi pendukung  apartemen. Fungsi pendukung ini berarti fungsi sekunder selain fungsi utama, seperti hiburan, hobi, dan lainnya.

Fungsi pelengkap apartement

Fungsi tambahan pada apartemen kerap dihadirkan untuk mendukung dua fungsi sebelumnya. Penjelmaan fungsi tambahan, seperti peralatan ruang publik, petugas kebersihan dan keamanan.

Gaya hidup kota besar saat ini menuntut kita untuk memiliki tempat tinggal yang nyaman. Apalagi untuk berangkat kerja. Saat ini rasanya tidak mungkin menemukan rumah di sekitar kantor dengan pertumbuhan pendapatan yang tidak sebanding dengan kenaikan harga properti. Oleh karena itu, saat ini apartemen menjadi alternatif yang cocok digunakan sebagai tempat tinggal.

Apalagi dengan keterbatasan dana lahan di kota-kota besar dan harga menjadi lebih mahal. Situasi ini memaksa kita untuk mencari alternatif selain rumah. Hal ini juga ditangkap oleh perusahaan real estate dan perusahaan konstruksi sebagai peluang bisnis. Apalagi dengan menawarkan apartemen sebagai solusi penyelesaian yang paling tepat.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa apartemen adalah milik kosong para peminat. Iklan dan promosi dilakukan dengan gencar oleh pengembang real estate. Ditambah dengan kenyataan bahwa setiap tahun harga real estat cenderung meningkat. Akhirnya, membuat banyak orang tahu untuk segera memilikinya.

Sekian beberapa penjelasan tentang apartement, yang bisa kami informasikan.