25 Juni 2024

Investasi Ruko

Tak perlu di bantah bahwa properti merupakan salah satu instrumen investasi yang tak lekang oleh waktu. Apalagi di Indonesia, untuk harga properti terus naik dari tahun ke tahun, termasuk untuk ruko atau ruko. Keuntungan investasi ruko tidak kalah menarik dari rumah atau apartemen.

Ruko memang merupakan produk properti komersial yang lebih di tujukan untuk tujuan bisnis dan investasi. Properti ini umumnya lebih sering di temukan di daerah yang ramai dengan aktivitas bisnis, seperti di pusat kota atau di jalan-jalan utama. Targetnya jelas dan lebih spesifik, yakni pelaku usaha dan investor.

Jika kamu bandingkan dengan aset properti lainnya, seperti rumah tapak, apartemen atau tanah kosong, ruko memang memiliki pangsa pasar yang lebih sempit. Namun, bukan berarti peluang finansial dari properti ini tidak menarik. Jika di gunakan dengan benar, ruko bahkan bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar di bandingkan produk properti lainnya. Tidak percaya? Berikut keuntungan investasi ruko yang bisa Anda rasakan untuk jangka panjang.

Inilah Keuntungan Jika Kalian Melakukan Investasi Ruko

Dalam Investasi Ruko Memiliki Fungsi Ganda

Sesuai dengan namanya, rukonya memiliki dua fungsi yaitu sebagai rumah sekaligus rukonya alias tempat usaha. Dengan begitu, rukonya sangat cocok bagi Anda yang memiliki usaha atau berniat membuka usaha sendiri. Tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk menyewa ruko atau tempat usaha, Anda bisa mendapatkan fungsi hunian sekaligus ruko dengan memiliki ruko.

Sejalan dengan fungsi ganda tersebut, nilai aset properti ini juga relatif lebih besar jika di bandingkan dengan properti lainnya. Apalagi jika di dukung dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan kawasan perkantoran atau pusat bisnis, maka investasi ruko bisa lebih maksimal.

Pasarnya jelas dan potensinya besar

Berbeda dengan rumah dan apartemen yang target pasarnya sangat luas, rukonya memiliki target pasar yang lebih spesifik. Namun, ini juga bisa menjadi katalis positif, karena dulunya rukonya memiliki target pasar yang jelas. Anda juga tidak perlu bingung harus memasarkan produk properti ini kepada siapapun saat ingin menjual atau menyewakannya.

Hasilkan penghasilan pasif yang luar biasa

Pada investasi ruko jika di bandingkan dengan rumah atau apartemen, rukonya relatif lebih menguntungkan dari segi passive income. Pasalnya, harga sewa rukonya umumnya lebih tinggi dari harga kontrak rumah atau sewa apartemen di kawasan yang sama. Kehebohan, karena properti ini di tujukan untuk pasar komersial, yakni pemilik bisnis.

Masa sewa lebih lama

Jika Anda berinvestasi di rukonya untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan menyewakannya, properti ini juga menawarkan keuntungan masa sewa yang lebih lama. Ruko umumnya di sewakan setidaknya selama 12 bulan atau satu tahun. Hal ini karena para penyewa rukonya yang umumnya merupakan pelaku bisnis cenderung mempertahankan usahanya minimal selama satu tahun dan memutuskan untuk melanjutkan atau menutup usahanya.

Jarang atau bahkan hampir tidak ada bisnis yang bertahan hanya hitungan bulan. Karena dalam waktu sesingkat itu, para pengusaha tidak memiliki cukup data untuk melihat apakah usahanya berhasil atau gagal. Jadi jika Anda investasi ruko, kemungkinan properti tersebut menganggur atau kosong akan lebih kecil.

Selain itu, pemilik usaha juga memilih untuk menyewa rukonya dalam jangka panjang dengan alasan menghemat biaya. Karena biasanya semakin lama mereka menyewa, maka harga sewa bulanan akan semakin murah karena ada diskon dari pemilik toko. Hal ini bisa Anda lakukan sebagai salah satu strategi untuk menyewakan rukonya nantinya.

Itu saja yang dapat kamu ambil keuntungan jika kalian investasi ruko. Jadi cobalah sekarang dan ambil tiap manfaatnya agar bisa menambah pendapatanmu.